Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
Bagian 34A
Bait Sutra :
shè lì fó xià fāng shì jiè
「 舍 利 弗 。 下 方 世 界 ,
yǒu shī zǐ fó míng wén fó
有 師 子 佛 、 名 聞 佛 、
míng guāng fó dá mó fó fǎ
名 光 佛 、 達 摩 佛 、 法
chuáng fó chí fǎ fó
rú shì
幢 佛 、 持 法 佛 , 如 是
děng héng hé shā shù zhū
fó gè
等 恆 河 沙 數 諸 佛 , 各
yú qí guó chū guǎng cháng shé xiàng
於 其 國 , 出 廣 長 舌 相 ,
biàn fù sān qiān dà qiān
shì jiè
徧 覆 三 千 大 千 世 界 ,
shuō chéng shí yán
說 誠 實 言 :
rǔ děng zhòng shēng dāng xìn shì chēng
『 汝 等 眾 生, 當 信 是 稱
zàn bù kě sī yì gōng dé yí qiè
讚 不 可 思 議 功 德 一 切
zhū fó suǒ hù niàn jīng
諸 佛 所 護 念 經 。 』 」
Di penjuru bawah ada Simha Buddha, Yasas Buddha, Yasahprabha Buddha, Dharma Buddha, Dharmadhvaja
Buddha, Dharmadhara Buddha, dan para
Buddha yang jumlahnya bagaikan butiran pasir di
Sungai Gangga, masing-masing Buddha berada di NegeriNya sendiri, dengan lidah
fasih yang tak terhingga membabarkan Dharma ini, memenuhi tiga ribu maha ribu
dunia, menghendaki supaya para makhluk dapat meyakini beragam jasa kebajikan
yang tak terbayangkan dari Alam Sukhavati dan sutra yang dilindungi oleh semua
Buddha.
Penjelasan :
Di penjuru bawah ada enam urutan nama Buddha, yang mengandung makna
mengajari Dharma dan menyelamatkan para makhluk dengan adil dan merata.
Yang pertama adalah Simha Buddha, mengibaratkan Buddha membabarkan Dharma. Simha adalah raja
hutan, begitu dia mengaum, seluruh isi hutan akan gemetaran ketakutan. Demikian
pula ketika Buddha membabarkan Dharma, seluruh aliran luar dan sesat segera
jadi tertaklukkan, maka itu mengibaratkan Buddha membabarkan Dharma sebagai “suara
simha”.
Bodhisattva mewakili Buddha membabarkan Dharma,
sehingga mendapat gelar sebagai “Pangeran Dharma”. Pangeran Dharma mewakili
Buddha membabarkan Dharma, Bodhisattva dalam membabarkan Dharma juga serupa
dengan Buddha, juga boleh disebut sebagai “suara Simha”.
Nama Buddha yang berada di urutan kedua adalah Yasas Buddha. Buddha Amitabha dan Bodhisattva
Avalokitesvara dikenal oleh masyarakat luas pada umumnya. Bodhisattva mewakili
Buddha, Guru para Dewa dan Manusia, memiliki kemampuan untuk membabarkan Dharma
kepada semua makhluk. Contohnya Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva
Ksitigarbha, Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra hingga para guru
sesepuh dari berbagai aliran, semuanya mewakili Buddha menyelamatkan para makhluk.
Yang ketiga adalah Yasahprabha Buddha, “prabha” atau
cahaya melambangkan kebijaksanaan, yakni membabarkan Dharma sesuai dengan
kemampuan pencerapan masing-masing makhluk, suara DharmaNya kedengaran hingga
di kejauhan, sehingga seluruh makhluk dapat menghancurkan kesesatan dan
tercerahkan, memperoleh manfaat yang sesungguhnya dari Buddha Dharma.
Yang keempat adalah Dharma Buddha, melambangkan pewarisan ajaran, terutama
menunjuk pada Aliran Sukhavati, Ajaran Sukhavati diwariskan secara langsung
dari Buddha Amitabha, Buddha Amitabha mewariskan Ajaran ini kepada seluruh
Buddha.
Ajaran masing-masing aliran adalah diwariskan oleh
guru sesepuh secara turun temurun, generasi demi generasi, hanya satu-satunya
Aliran Tanah Suci diwariskan secara langsung oleh Buddha Amitabha. Guru sesepuh Aliran Sukhavati merupakan anggota
Sangha yang sepanjang hidupnya menfokuskan diri mengamalkan dan menyebarluaskan
Ajaran Sukhavati, di kemudian hari para praktisi merekomendasikannya menjadi
guru sesepuh Aliran Tanah Suci.
Guru sesepuh Aliran Sukhavati yang pertama di Tiongkok
adalah Master Hui-yuan, selanjutnya adalah Master Shan-dao, hingga pada masa
pemerintahan Tiongkok Nasionalis, keseluruhan Guru Sesepuh Aliran Sukhavati
yang ditetapkan ada 13 orang. Mereka ini merupakan anggota Sangha yang telah
mengabdikan sepanjang hidupnya untuk menfokuskan diri mengamalkan dan menyebarluaskan
Ajaran Sukhavati. Guru Sesepuh Aliran Tanah Suci yang terakhir adalah Master
Yin Guang.
Dipetik dari : Buku Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi
佛說阿彌陀經要解講記
(三十四)
《經》舍利弗。下方世界。有師子佛。名聞佛。名光佛。達磨佛。法幢佛。持法佛。如是等。恆河沙數諸佛。各於其國。出廣長舌相。遍覆三千大千世界。說誠實言。汝等眾生。當信是。稱讚不可思議功德。一切諸佛所護念經。
《解》此界水輪。金輪。風輪之下。復有下界非非想天等。乃至重重無盡也。達磨此云法。
下方世界舉出六尊佛,代表普度教化之義。第一尊師子佛,喻佛說法。獅子為獸中之王,牠一叫,百獸均被震懾。佛說法一切邪門外道都被降伏,所以將佛說法比喻作獅子吼。菩薩代佛說法,稱為「法王子」。法王子代佛說法,與佛說法無二無別,亦可稱為「獅子吼」。第二尊名聞佛,所謂佛菩薩之知名度,如在中國,家家觀世音,戶戶阿彌陀,眾人皆知。代表人天大師,有能力有智慧教化一切眾生。如觀音、地藏、文殊、普賢乃至各宗派祖師均是代佛行化。第三尊名光佛,「光」表智慧,應機說法,法音遠聞,令一切眾生破迷開悟,得佛法之真實受用,乃實至名歸。第四尊達磨佛,表師承,特別指淨土宗,淨土宗是直接由阿彌陀佛傳下來的,阿彌陀佛傳與諸佛。各宗祖師均是代代相傳,唯獨淨土宗沒有。淨土宗歷代祖師,是某位出家大德,一生對淨土專修專弘,後人推崇他為一代祖師。中國最初從慧遠大師一直到民國,在歷史上專修專弘者共有十三位,最後一位是印光大師,因此淨土宗祖師被人尊稱為「大師」,大師是對佛之尊稱,此為佛學常識。稱呼人不能過份,唯有淨土宗祖師可稱為大師,佛有能力教一切眾生成佛,淨土宗之祖師,師承於佛,也用信願持名,教眾生往生不退成佛,與諸佛的教法完全相同,因同果亦同。所以稱他為大師,一點都不過份。菩薩則稱大士或稱開士、正士,不能稱大師。
文摘恭錄 — 佛說阿彌陀經要解講記
淨空法師講述